KOMUNIKASI DATA


Pengertian dan jenis-jenis komunikasi data


PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA
    Komunikasi Data adalah proses mengirim/menerima informasi berupa: teks, gambar, suara, dan video melalui sebuah device/alat. Alat yang digunakan berupa telepon seluler/smartphone, komputer, laptop, dll beserta jaringan internet. 


TIPE-TIPE DALAM KOMUNIKASI DATA
    Di dalam komunikasi data terdapat 4 tipe, yaitu: teks, gambar, suara, dan video. Pada umumnya kita sering menggunakan smartphone untuk dapat bekomunikasi satu sama lain melalui media sosial seperti WhatsApp, dll.
  • Teks
        Kita sering menginformasikan (obrolan chat) menggunakan teks, karena teks hanya terdapat tulisan saja, keperluan yang akan kita sampaikan kepada penerima melalui teks yang akan disampaikan berupa informasi. 
        

Image result for obrolan chat lucu

  • Gambar
     Biasanya pengirim mengirimkan informasi berupa gambar agar penerima lebih jelas dalam menerima informasi yang disampaikan. Ketika hanya sebuah teks saja itu hanya terlihat membosankan, maka kita bisa mengirimkan informasi berupa gambar yang mudah dipahami oleh penerima.



  • Suara
    Kita bisa mengirimkan infomasi melalui device/alat berupa suara, salah satunya adalah melalui smartphone/telepon seluler, kita bisa mengirimkan suara kita kepada penerima dengan cara menelepon atau bisa juga menggunakan aplikasi media sosial yang memiliki fitur "Voice Note" atau Catatan Suara. 


  • Video
      Yang saya maksud kali ini adalah ketika kita ingin mengirimkan informasi kepada orang lain bisa melalui video, atau bisa disebut juga dengan "Video Call". Pada umumnya seseorang melakukan interaksi/komunikasi melalui video, saat sedang rindu/kangen, tidak cuma sama pacar aja yang dikangengin. Namun, ketika kita sedang di luar kota dan jauh dengan keluarga, kita bisa berkomunikasi melalui panggilan video, walaupun jaraknya jauh. 




KOMPONEN-KOMPONEN DALAM KOMUNIKASI DATA
   Di dalam komunikasi data terdapat 4 komponen, antara lain: pengirim, isi/informasi data, media yang digunakan (perantara), dan penerima.
  • Pengirim 
    Pengirim atau bisa disebut juga dengan sumber, pengirim merupakan sesorang yang akan/ingin mengirimkan data/informasi ke orang lain (penerima).
  • Isi/Informasi Data
   Isi/informasi data merupakan sebuah informasi, pengumuman, atau persoalan yang ingin disampaikan pengirim kepada penerima. 


  • Media Yang Digunakan
     Media yang digunakan ini bisa berupa apa saja, pada umumnya sesorang ingin mengirimkan suatu data/informasi kepada orang lain melalui smartphone, yang didukung dengan adanya jaringan internet.
  • Penerima
     Penerima (tujuan) adalah seseorang yang menerima informasi dari orang lain, yang bisa disebut juga dengan pengirim.
Previous
Next Post »